Daun Bidara, Selain Tumbuhan Herbal Juga Bermanfaat Untuk Mengusir Setan

72
2
Daun Bidara, Selain Tumbuhan Herbal Juga Bermanfaat Untuk Mengusir Setan
Daun bidara merupakan salah satu jenis tumbuhan adalah sejenis pohon kecil penghasil buah yang tumbuh di daerah kering. Tanaman ini dikenal pula dengan berbagai nama daerah seperti widara.

Tumbuhan ini miliki  bentuk pohon yang kecil dengan buah bernama latin Ziziphus Mauritiana. ini diperkirakan berasal dari Asia Tengah, dan dikembangkan secara komersial di India, Cina, Thailand, Indonesia, dan beberapa daerah lainnya.

Bidara adalah salah satu jenis tumbuhan yang dapat tumbuh dengan baik pada lingkungan yang panas, kaya cahaya matahari, dan cukup kering. Dengan kondisi iklim Indonesia sebagai Negara tropis, bidara dapat tumbuh dengan baik dan banyak ditemukan di Indonesia bagian timur.

Telah disebutkan dalam Al-Quran yang salah satu ayatnya dalam QS Saba ayat 16 berbunyi.

“Tetapi mereka berpaling, Maka Kami datangkan kepada mereka banjir yang besar dan Kami ganti kedua kebun mereka dengan dua kebun yang ditumbuhi (pohon-pohon) yang berbuah pahit, pohon Atsl dan sedikit dari pohon Sidr (bidara).”

Dari peggalan ayat tersebut, bidara juga dikenal sebagai tumbuhan hebal yang banyak dicari dan terbukti ampuh untuk mengatasi beragam penyakit. Dilansir dari berbagai sumber, daun bidara miliki beragam manfaat untuk kesehatan yang telah dibuktikan secara ilmiah.

1. Mengurangi kadar kolesterol

Daun bidara juga bisa menurunkan kolesterol jahat dalam darah. Kolesterol dalam tubuh bisa turun jika kamu mengonsumsi serat daun bidara yang larut dalam air.

Manfaat daun bidara ini bisa mengikat kolesterol dalam sistem pencernaan dan membuangnya keluarnya melalui urine atau feses.

2. Mengatasi diabetes

Diabetes adalah salah satu penyakit yang dianggap berbahaya jika tidak mendapatkan perawatan yang maksimal. Beberapa pengobatan perlu dilakukan untuk mengobati atau mengurangi efek komplikasinya.

Salah satu bahan herbal yang bisa dimanfaatkan untuk mengurangi efek buruk diabetes adalah dengan daun bidara.

Daun bidara memiliki kandungan senyawa yang mampu melindungi tubuh dari kerusakan sistem pengaturan kadar gula.

3. Anti-Mikroba

Manfaat daun bidara terbanyak adalah sebagai antimikroba. Baik bakteri, jamur mau pun parasit. Beberapa zat aktif yang terkandung dalam ektrak daun bidara yang menunjukkan potensi tersebut adalah alkaloid, flavanoid, tanin fenol dan saponi.

Salah satu kandungan aktif daun bidara yang berfungsi sebagai antibakteri adalah saponin. Saponin merupakan glikosida komplek.

4. Anti-Depresan

Daun bidara memiliki kandungan alkaloid dan plavanoid yang mampu menghambat kerja dari mono-aminoksidase. Sehingga menghambat degradasi neurotransmiter syaraf pusat seperti serotonin dan katekolamin yang efeknya pada otak.

5. Menyembuhkan luka

Manfaat daun ini selanjutnya yaitu untuk mempercepat penyembuhan luka. bidara dipercaya memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri yang dapat membantu penyembuhan luka seperti luka sayatan, lecet, atau luka akibat goresan.

Daun bidara juga memiliki senyawa glikosida yang bermanfaat membantu menyembuhkan luka bakar dan membantu menghilangkan bekas luka pada kulit.

6. Anti-Kanker

Pada bidara ditemukan juga senyawa alkaloid, saponin, triterpenoid dan steroid yang memiliki efek sitotoksik sebagai antikanker.

7. Mengatasi keputihan

Keputihan adalah salah satu masalah yang sering terjadi pada beberapa wanita. Bahkan, keputihan bisa menyebabkan rasa tidak nyaman atau gatal di area vital. Mengonsumsi bidara direkomendasikan kepada mereka yang mengalami keputihan.

Selain untuk kesehatan, pohon terutama daun Bidara juga diyakini memiliki khasiat yang berbau mistis. Percaya atau tidak, Bidara bagi sebagain orang diyakini mampu mengusir jin hingga hal jahat lainnya.

Seperti penggunaan bidara untuk memandikan jenazah, sebagai bahan dan media untuk ruqyah, hingga mengusir jin dan setan dari rumah angker

Facebook Comments